Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

"Mau Kabur, Tancap Gas! Pelaku Copet di Angkot Berakhir di Sungai"

Kamis, 03 Oktober 2024 | Kamis, Oktober 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-03T11:42:09Z

Foto istimewa Dok/PIN
SEMARANG – Aksi nekat pencopetan di atas angkutan umum berujung pada drama kejar-kejaran dan basah-basahan di Sungai Panjang, Ambarawa, Kamis (3/10/2024). Seorang pria berinisial SB (42 tahun), warga Semarang, tertangkap basah setelah mencoba mencopet handphone milik seorang penumpang, Rodhiyah (41 tahun), saat menaiki angkutan umum jurusan Ungaran-Ambarawa.


Menurut Kapolres Semarang, AKBP Ike Yulianto W, SH., SIK., MH., pelaku beraksi sendirian dan kini telah diamankan oleh pihak Polsek Ambarawa. "Pelaku beraksi sendirian, mencopet handphone korban dan kini dalam proses penyelidikan," ujar Kapolres.


Kronologi pencurian ini cukup unik. Korban, Rodhiyah, warga Lingkungan Manggis, Bawen, sedang dalam perjalanan menuju RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa. Pelaku SB, yang naik dari simpang Taman Bawen, duduk di belakang korban. Saat pelaku hendak turun dan membayar ongkos, ia dengan tangan kiri membayar, sementara tangan kanan 'cekatan' mencuri handphone merk Oppo A17 milik Rodhiyah. Sadar HP-nya hilang, korban langsung berteriak, dan di sinilah drama dimulai.


Tri Prihantoro, sopir angkutan yang mendengar teriakan, tidak tinggal diam. Ia langsung menutup kemungkinan pelaku kabur dengan mengunci pintu angkot dan tancap gas, mengarahkan mobilnya langsung ke Polsek Ambarawa. Dua penumpang pria lainnya juga ikut menjaga agar SB tidak melarikan diri. Sayangnya, tepat sebelum sampai di kantor polisi, SB berusaha melarikan diri dengan lompat dari angkot dan kabur menuju Sungai Panjang.


"Kami sempat dikejutkan oleh pelaku yang melompat keluar angkutan dan kabur ke sungai," ungkap AKP Ririh Widiastuti, Kapolsek Ambarawa, yang saat itu sudah menyiapkan personel di depan kantor. Namun, berkat bantuan warga dan anggota Satlantas, pelarian SB tidak berlangsung lama. Pelaku berhasil ditangkap basah, atau lebih tepatnya ditangkap 'basah kuyup', di Sungai Panjang.


Ipda Aris Widagdo SH., Kanit Reskrim Ambarawa, menambahkan bahwa SB bukanlah pencopet biasa. Ia merupakan residivis pencurian dengan pemberatan yang baru saja bebas dari Lapas pada akhir 2021.


"Pelaku sudah kami amankan di Polsek Ambarawa, dan HP korban juga telah kami jadikan barang bukti," ujar Ipda Aris.


Meski SB sempat mencoba kabur dengan gaya dramatis, nasib akhirnya membawa dia kembali ke tahanan. Peringatan untuk semua copet: hati-hati dengan sopir angkot yang bisa jadi heroic driver! (Red/Jhon)


×
Berita Terbaru Update