Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

"Korupsi Kereta Kongo: Dari Rel Ke Rutan, Mantan Dirut INKA Kena Tilang BPK!"

Kamis, 03 Oktober 2024 | Kamis, Oktober 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-03T14:17:40Z

Foto istimewa Dok PIN 
Surabaya – Mantan Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro (BN), kini harus merasakan dinginnya jeruji setelah diduga terlibat dalam kasus korupsi proyek kereta api di Republik Kongo. Kasus yang ramai diperbincangkan ini bermula dari proyek Engineering Procurement and Construction (EPC) transportasi kereta api yang dikerjakan oleh PT INKA di Kongo pada awal tahun 2020.


Proyek ini ternyata tak hanya soal membangun rel, tapi juga membawa 'masalah-masalah' ke meja hijau. BN, yang mengenakan rompi merah cerah bak lampu lalu lintas, ditahan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur pada Selasa (1/10/2024) setelah pemeriksaan intensif. BN tampak menghindari sorotan media dengan gaya "enggan bicara banyak" saat digiring ke rutan.


"Kasus ini melibatkan banyak pihak, namun sementara ini baru BN yang kami tahan untuk penyelidikan lebih lanjut," ujar Kepala Kejati Jatim, Mia Amiati.


Proyek kereta api di Kongo yang bernilai 11 miliar dolar AS itu menjadi sorotan setelah BPK menemukan adanya dana talangan yang tak disertai jaminan dari PT INKA kepada mitra kerja di proyek tersebut. "Seperti kereta api tanpa tiket, dana keluar begitu saja," celetuk salah satu pengamat hukum yang mengamati kasus ini.


Kini, dengan 20 hari masa penahanan awal, BN berharap ada 'lampu hijau' di ujung terowongan hukum yang dihadapinya. (Red/Jhon)


×
Berita Terbaru Update