Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Antisipasi Perilaku Menyimpang Remaja, Polres Semarang Berikan Himbauan

Kamis, 26 September 2024 | Kamis, September 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-26T06:13:43Z

Foto istimewa Dok pin 
SEMARANG, portalindonesianews.net Menindaklanjuti kerawanan situasi malam hari dan dalam rangka mengantisipasi perilaku menyimpang di kalangan remaja di Kabupaten Semarang, Polres Semarang mengeluarkan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainya Di : Pejabat Baru Dirreskrimsus dan Dirressiber Polda Jateng Resmi Dilantik

Kapolres Semarang, AKBP Ike Yulianto W, SH. SIK. MH., melalui Wakapolres Kompol Fandy Setiawan, SH. SIK. MH., menyampaikan bahwa himbauan ini ditujukan kepada para orang tua agar lebih intensif dalam mengawasi anak-anak, terutama pada jam-jam setelah pulang sekolah dan malam hari.

“Polres Semarang menghimbau para orang tua untuk memberikan pengawasan ekstra terhadap anak-anak mereka, terutama yang berusia remaja atau masih berstatus pelajar, baik SD, SMP, maupun SMA. Diharapkan anak-anak melaksanakan kegiatan di rumah pada malam hari, baik bersama keluarga maupun belajar mandiri,” ungkap Kompol Fandy di Mapolres Semarang, Rabu, 25 September 2024.


Baca Juga Artikel Menarik Lainya Di :Pembayaran PTSL di 12 Desa Kecamatan Modo Capai Lebih dari Rp 1,7 Miliar, Diduga Jadi Ajang Pungli – Kejari Lamongan Bertindak Berkat Laporan Masyarakat

Terkait Insiden di Bandungan

Menanggapi insiden di Kecamatan Bandungan, Kompol Fandy menambahkan bahwa fenomena ini merupakan bagian dari proses pencarian jati diri atau transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa, di mana remaja cenderung berkelompok dalam pergaulan dan mencoba hal-hal negatif.

“Peristiwa di Bandungan bisa menjadi pelajaran bagi orang tua yang memiliki anak remaja. Meski mereka tidak terlibat langsung, penting untuk mengantisipasi agar tidak menjadi korban dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.


Baca Juga Artikel Menarik Lainya Di: Polresta Magelang Ungkap Skandal Korupsi PPG Agama Islam: OTT Amankan Rp 1,2 Miliar

Peningkatan Patroli Malam

Polres Semarang dan Polsek jajaran yang selama ini rutin melaksanakan patroli malam akan meningkatkan intensitas patroli, terutama di daerah rawan dan tempat-tempat keramaian, di mana remaja sering berkumpul.

“Kami akan meningkatkan patroli di jam-jam rawan sesuai pemetaan wilayah. Jika ada remaja yang terlibat dalam aktivitas negatif, seperti mengonsumsi miras atau membawa senjata tajam, kami akan langsung mengambil tindakan. Namun, jika kegiatan mereka positif, kami hanya akan memberikan himbauan Kamtibmas,” jelasnya.


Edukasi di Sekolah

Selain patroli, Polres Semarang juga akan memberikan himbauan di sekolah-sekolah, melibatkan pihak sekolah untuk mengedukasi siswa tentang bahaya perilaku menyimpang. Polres akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, guru BK, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa di setiap wilayah.

“Koordinasi ini penting agar langkah pencegahan bisa dilakukan lebih menyeluruh,” tutup Kompol Fandy.


(Iskandar/portalindonesianews.net)


×
Berita Terbaru Update