Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres Semarang Gelar Simulasi Sispamkota untuk Amankan Pilkada Serentak 2024

Jumat, 23 Agustus 2024 | Jumat, Agustus 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-23T14:07:16Z
Foto simulasi pengamanan pilkada serentak di wilayah Kabupaten Semarang 23 Agustus 2024

PortalindonesiaNews.Net - Semarang — Menyongsong Pemilu Kepala Daerah serentak (Pilkada) 2024 yang akan segera dilaksanakan, Polres Semarang menggelar kegiatan Simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) pada Jumat, 23 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dalam mengamankan jalannya Pilkada di wilayah Kabupaten Semarang.


Bertempat di GOR Pandanaran Wujil, Kecamatan Bergas, acara ini diawali dengan apel gelar pasukan Ops Mantap Praja 2024 yang dipimpin oleh Kapolres Semarang, AKBP Ike Yulianto W, SH. SIK. MH. Selain personel Polres Semarang, apel ini juga melibatkan unsur TNI, Pemerintah Kabupaten Semarang, serta instansi terkait lainnya.



Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Semarang H. Basari ST. M.Si., Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf. Guvta Alugoro Koedoes S.Hub.Int. M.Han., Kajari Kab. Semarang Ismail Fahmi SH. MH., serta Ketua KPU Kab. Semarang Bambang Setiyono SH., dan Ketua Bawaslu Kab. Semarang Agus Riyanto SP. SH.


Dalam amanatnya, Kapolres Semarang membacakan arahan dari PJ. Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana A. S. MM., yang menekankan pentingnya partisipasi semua elemen bangsa dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024. "Polri harus meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan TNI, Pemerintah setempat, dan stakeholder terkait untuk memastikan Pilkada berjalan aman, lancar, dan damai," ungkap Kapolres.



Simulasi Sispamkota yang digelar setelah apel melibatkan skenario pengamanan saat terjadi peningkatan kontijensi, di mana sekelompok masyarakat tidak puas dengan keputusan KPU dan berujung pada tindakan anarkis. Dalam simulasi tersebut, Polres Semarang memperagakan langkah-langkah pengamanan sesuai prosedur.


Wakil Bupati H. Basari mengucapkan terima kasih kepada Polres Semarang atas kesiapan mereka dalam menjaga keamanan Pilkada. "Kami berharap simulasi ini hanya terjadi di sini, dan tidak di kehidupan nyata di wilayah Kabupaten Semarang," ujarnya.


Selain itu, Dandim 0714/Salatiga dan Ketua KPU Kabupaten Semarang juga menyatakan kesiapan mereka untuk bersinergi dalam menjaga keamanan Pilkada. Kapolres Semarang menambahkan bahwa Polres bersama Forkopimda dan instansi terkait siap mengawal seluruh rangkaian Pilkada.



Sebagai bagian dari operasi pengamanan, Polres Semarang akan mengerahkan 575 personel, dibantu oleh 230 personel TNI dan 3.900 personel linmas. Operasi pengamanan ini akan berlangsung dari 27 Agustus 2024 hingga 16 Desember 2024, dengan tetap mengedepankan SOP yang mengutamakan hak asasi manusia.


Penulis : iskandar





×
Berita Terbaru Update