Apel Siaga Pemilu Serentak 2024

Apel Siaga Pemilu Serentak 2024

Sabtu, 10 Februari 2024, Sabtu, Februari 10, 2024
Semarang, PortalIndonesiaNews.net-Pengawasan Pemilu  ( Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden dan wakil Presiden akan memasuki hari tenang dimulai tanggal 12 februari 2024 jam 00.00 wib  sampai pada tahap hari Pemilihan Legislatif DPR , DPD, DPRD Provinsi  DPRD Kabupaten dan Pemilihan Presiden dan wakil Presiden secara serentak. 

Oleh karena itu jajaran Bawaslu mengadakan Apel Siaga di tandai dengan suara sirene sebagai tanda di awalinya masa tenang. 
Dalam kegiatan ini Apel Siaga secara serentak  telah di laksanakan tanggal 11 februari 2024 di lapangan Palbapang di Kecamatan Bandungan di hadiri Camat Bandungan ( Mohamad Taufik S, sos, MM) , Danramil ( kapten Untung Harjianto), Kapolsek (IPTU  Jarot Dri Handoko, SH ) 
Kepala Desa, Kelurahan se Kecamatan Bandungan, Jajaran PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan), PKD ( Pengawas Kelurahan, Desa) 10 orang, PTPS ( Pengawas Tempat pemungutan swara) 190 orang. 
Sukardi SPd. S. Pd. I ( ketua Panwascam ) mengatakan pada awak media " Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024 ini bukan sekedar rutinitas saja, tetapi menjadi momentum untuk membangkitkan semangat kita semua untuk mengawasi tahapan pemilu tahun 2024 yang hampir sampai titik puncak ke pengawasan yakni pada tanggal 14 februari 2024 . Momentum hari tenang jatuh pada tanggal 11.12 dan 13 februari tahun 2024, momentum hari tenang  adalah bagi calon pemilih untuk berpikir siapa, siapa yang akan di pilih pada hari tersebut, dan bukan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang melampoi dan atau melanngar peraturan yang telah di sepakati bersama dan yang telah di undangkan. Pola - pola kerja dengan disiplin yang ketat menjadi keharusan untuk bisa menghadapi tahapan pemilu yang hampir usai ini. 

Pemilu tahun 2024 menjadi momentum bersejarah, sekaligus menjadi tantangan dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Secara khusus di kecamatan Bandungan .
Indonesia menorehkan sejarah besar dengan menyelengarakan pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang. Momentum akbar ini juga sekaligus menghadirkan tantangan yang besar pula dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, secara khusus bawaslu dalam kerja pengawasan. 

Tantangan kepengawasan pemilu serentak 2024 ini tentu saja membutuhkan kerja keras dan kedisiplinan tinggi dari semua komponen di lingkungan kerja bawaslu, mulai dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, Bawaslu kabupaten, Panwascam  PKD dan PTPS . Sebagai lembaga badan AD HOC  kepengawasan yang berada di tingkat kecamatan dan desa / Kelurahan kita yang sangat dekat dengan simpul simpul konflik, panwaslu beserta jajarannya telah mempersiapkan SDM ( sumber daya manusia yang mempuni, memperkuat kopetensi , meningkatkan profesionalitas dan mengedepankan intergritas menjadi senjata utama dalam menghadapi kontestasi demokrasi tahun 2024 mendatang daftar pemilih tetap di kecamatan Bandungan yang terdiri dari laki laki  22 .585 perempuan 22.531 sehingga berjumlah 45.116 calon pemilih, dengan jumlah penyelenggara tehnis dalam hal ini kpps sejumlah 1330 orang, pengawas TPS 190 orang, sehingga jumlah penyelengara di tingkat TPS 1526 . Semoga kita semuanya penyelengara di kecamatan Bandungan di beri kesehatan, kesabaran, kedamaian, kelancaran succes tanpa ekses, dan mendapatkan pemimpin yang menghantarkan bangsa negara Indonesia menjadi Indonesia emas, tungkas sukardi. 

Mohamad Taoufik S. Sos, MM ( camat Bandungan) mengatakan pada awak media secara terpisah " Bahwa kegiatan apel yang di adakan pada hari ini yang di selenggarakan temen temen Bawaslu pengawas di tingkat Bandungan adalah menyatukan presepsi dalam rangka untuk melakukan pengawasan dalam rangka jalannya pemilu yang akan di laksanakan pada tanggal 14 februari 2024 . Harapan dengan penyatuan satu presepsi jalannya pemilu akan sesuai dengan koridor yang ada artinya tidak ada satu bentuk pelanggaran sehingga apa yang saya sampaikan tadi pada sambutan apel ( red) yang perlu di lakukan oleh pengawas yang pertama mengawasi, mencegah dan melaporkan , harapan kami tidak ada satu kejadian pelanggaran pemilu 2024 yang ada di wilayah kecamatan Bandungan agar tetap aman, damai, kondusif, sejuk, tidak ada satu gejolak apapun bila ada penggaran kita serahkan pengawas sesuai dengan undang undang dan peraturan yang ada " Tungkas Mohamad Taufik. 
(Ps)

TerPopuler