Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Guna Pencegahan,Team VCT Pantau Penularan HIV di Kecamatan Bandungan

Rabu, 13 September 2023 | Rabu, September 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-14T15:33:31Z


Semarang, PIN - Pemerintah Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang selama 2 hari ini, bekerjasama dengan Dinas kesehatan kabupaten Semarang di wakili dari pihak Puskesmas Bandungan bekerjasama dengan KPA ( Komisi Perlindungan Anak) serta Yayasan Soko Guru kabupaten semarang telah melakukan kegiatan VCT (Voluntary Counselling and Testing ) yang diartikan sebagai Konseling dan Tes Sukarela (KTS) HIV. Konseling HIV dan AIDS merupakan komunikasi bersifat rahasia antara klien dan konselor yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghadapi stres dan mengambil keputusan berkaitan HIV dan AIDS.

Pelayanan VCT bertujuan mendeteksi HIV sedini mungkin dan membantu mencegah, merawat, dan mengobati HIV sebelum terlambat.


Upaya pencegahan penularan penyakit ini dilakukan di beberapa lokasi rumah kost dan tempat hiburan Karaoke,hal ini dilakukan karena tempat- tempat tersebut adalah titik populasi kunci, seperti wanita pekerja seks komersial.

Kegiatan VCT berlangsung dari hari Senin 11 September 2023 dan Rabu 13 September 2023.

Kegiatan Selama 2 hr itu team mendapatkan -+ 100 relawan yang mau di ambil sample darahnya guna dilakukan pengecekan di laboratorium.


Disela-sela kegiatan berlangsung Camat Bandungan Moh Taufik S.Sos.M.M mengatakan dengan diadakannya kegiatan VCT ini selain membantu program kesehatan dari Dinas Kesehatan kabupaten Semarang juga membantu pemerintah menekan penyebaran penyakit HIV/AIDS tersebut,” di Kecamatan Bandungan pada khususnya juga Kabupaten semarang pada Umumnya.

Camat Bandungan juga memberikan Apresiasi setinggi-tingginya serta trimakasih yang sebesar- besarnya kepada semua elemen yang selalu mendukung dan secara langsung melaksanakan kegiatan ini ,Seperti Pihak TNI ,POLRI ,SATPOL PP ,PAM SWAKARSA BIMA yang selalu berperan aktif guna membantu pemerintah menekan penyebaran penyakit HIV/AIDS di Bandungan ini, Camat Bandungan juga menyampaikan dengan diadakan VCT ini diharapkan Bandungan sebagai kota wisata bisa terbebas dari Penularan Penyakit HIV/AIDS sehingga meningkatkan daya tarik wisatawan yang akan berkunjung di Bandungan.

(PS)

×
Berita Terbaru Update