Sedekah Bumi : Bandungan Bersatu Dalam Keberagaman

Sedekah Bumi : Bandungan Bersatu Dalam Keberagaman

Sabtu, 29 Juli 2023, Sabtu, Juli 29, 2023

Semarang, PortalIndonesiaNews.net - Hari Jumat, tanggal 28 Juli 2023 kemarin, telah di laksanakan kegiatan budaya dan adat di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dengan melaksanakan "Sedekah Bumi".

Adapun makna dari sedekah bumi dapat dipahami, adalah tradisi sedekah bumi yang merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Sedekah bumi, juga diartikan sebagai sarana memanjatkan doa, agar selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari bencana. 

Trisumedi selaku ketua RW lingkungan Bandungan menyampaikan makna filosofis dari sedekah bumi, yang mana :tradisi sedekah bumi sebagai bentuk ungkapan syukur warga desa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (Red- Tuhan Yang Maha Esa). 

"Dapat terlihat melalui sedekah yang mereka bagi-bagikan antar sesama warga dengan makanan yang dibawa atau yang ada dalam jampana," ujar Trisumedi.

"Dalam kegiatan tahun ini, sedekah Bumi Bandungan mengangkat tema Bersatu Dalam Keberagaman," tambahnya.

Sedekah Bumi lingkungan Bandungan Th 2023 di ikuti oleh seluruh warga lingkungan RW 01dan RW 07 Lingkungan Bandungan , kelurahan Bandungan, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, 

Kegiatan ini diwarnai dengan Kirab Budaya di ikuti kurang lebih 50  kontingen yang terbagi dari RT 01 sampai 06 di RW 01 dan RT 02sampai 04 RW 07.


Dalam giat tersebut hadir juga camat Bandungan Mohammad taufik S. Sos. MM, Sarjuman SH selaku lurah Bandungan serta dari unsur koramil dan polsek Bandungan. 


Dalam giat tahun ini sedekah Bumi Bandungan mengangkat tema "Bersatu Dalam Keberagaman".tungkas Trisumedi yang sering di panggil " Tri loundo".

(PS)




TerPopuler