DPD GERAM Jateng Penyuluhan Bahaya Narkoba di Rutan Kelas 1 Surakarta

DPD GERAM Jateng Penyuluhan Bahaya Narkoba di Rutan Kelas 1 Surakarta

Kamis, 18 Mei 2023, Kamis, Mei 18, 2023



PortalindonesiaNewa.net
Surakarta-Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Surakarta harmonisasi dengan Yayasan Gerakan Rakyat Anti Madat (GERAM) Jawa Tengah memberikan penyuluhan bahaya penyalahgunaan Narkoba, Selasa (16/5/2023).

Penyuluhan Narkoba ini bentuk komitmen Rutan Kelas I Surakarta dalam penanggulangan penyalahgunaan Narkoba.

Havid Sungkar selaku Ketua Yayasan GERAM Jawa Tengah memberikan beberapa pesan terkait dampak yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba baik itu untuk diri sendiri dan orang sekitar.

“Kepada teman-teman semua agar menjauhi Narkoba, karena ini dampaknya luar biasa bagi diri sendiri. Dan akan membuat keluarga menderita, ketika harus menjalani masa pidana,” ujar Havid.

Kepala Rutan Kelas I Surakarta, Urip Dharma Yoga menyambut baik dengan adanya penyuluhan bahaya narkoba bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Karena tentunya hal ini akan memberikan gambaran akan bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Turut hadir pula pejabat struktural dan petugas Rutan Surakarta serta WBP berjumlah 160 orang. Sebagai penutup, Rutan Kelas I Surakarta melalui WBP menyerahkan cindera mata hasil karya WBP kepada ketua Yayasan GERAM Jateng


Havid juga mengingatkan agar para pemakai narkoba untuk bisa Rehabilitasi serta mau menjauhi barang haram tersebut, juga untuk para napi pengedar dan bandar narkoba nantinya apabila bebas bisa diterima kembali ke masyarakat serta meninggalkan pekerjaan menjual narkoba yang merusak mental orang,  masih banyak pekerjaan lain yang berguna dan halal untuk menghidupi keluarga tanpa harus menjual narkoba. Petugas sipir di rutan terbatas jadi tidak mungkin mengawasi para napi selama 24 jam, diperlukan adanya prinsip yang kuat dan kesadaran para napi untuk menjauhi narkoba.
Didalam Rutan juga diajarkan ketrampilan kreatif untuk para napi agar ada kegiatan yang produktif. Di kesempatan tersebut Havid mengecek blok tahanan yang ada didalam rutan untuk menepis adanya rumor dari luar bahwa didalam Rutan para napi bisa untuk mengendalikan peredaran narkoba lewat Handphone tetapi hal tersebut tidak ditemukan. Mari kita bersama-sama dalam hal ikut mencegah atau menjauhi narkoba.

Penulis : iskandar

TerPopuler