Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Anggota DPRD Jepara & YAIS Ajak Petani Membuat Sistem Demplot

Senin, 03 April 2023 | Senin, April 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-03T05:42:12Z


Jepara, PortalIndonesiaNews.net - Yayasan Anugerah Insan Sejati di dampingi Zumaroh, S.Pd selaku Anggota DPRD dari Komisi B Kab. Jepara memberikan arahan mengenai pentingnya pupuk organik serta mengajak para petani di Desa Bugo dan Desa Welahan Kec Welahan Kab Jepara untuk menggunakan pupuk organik sebagai langkah solusi  menjawab  kelangkaan pupuk subsidi yang terjadi dewasa ini. Minggu (02/04/2023) kemarin.

Diawali dengan pembuatan demplot tanaman padi pada musim tanam ke dua yang berlokasi di desa Bugo dengan luas lahan kurang lebih 900m2 dan desa Welahan dengan luas lahan 4800m2.
Dengan adanya demplot tersebut, mengajak para petani di Desa Welahan dan Desa Bugo untuk belajar bagaimana cara membuat dan menggunakan pupuk organik mulai dari pengolahan tanah , perawatan hingga panen.

Hal ini ditempuh, mengingat para petani di kedua desa tersebut kesulitan mendapatkan pupuk urea dan NPK dari program pupuk subsidi.

Sedangkan pupuk non subsidi dirasa sangat mahal oleh mereka. Akibatnya petani banyak yang merugi dan gagal panen.

Oleh karena itu Yayasan Anugerah Insan Sejati ( Akta notaris No. 08 tanggal 16/02/2023 dan Nomor AHU-0002953.AH.01.04 Tahun 2023) yang salah satu programnya mengenai ketahanan pangan didampingi Zumaroh S.Pd Anggota Dewan komisi B Kab. Jepara mengajak para petani di kedua desa tersebut beralih pada pupuk organik.

Bahan bahan pupuk organik relatif lebih mudah dan murah. Bahan bahan tersebut dapat diambil dari sekitar lahan pertanian mereka.

Termasuk pupuk kandang yang banyak tersedia di peliharaan ternak mereka.
Dengan beralih menggunakan  pupuk organik tersebut dapat mengembalikan unsur hara sehingga lambat laun mengembalikan kesuburan tanah.

Hasil panen lebih aman bagi kesehatan.
Harga jual padinya juga lebih tinggi dibanding menggunakan pupuk kimia.
Dengan demikian tingkat kesejahteraan para petani  dapat terangkat kembali.

(M Susanto)
×
Berita Terbaru Update