HUT Satpol PP, Satlinmas Dan Damkar Kab Semarang di Sambut Meriah

HUT Satpol PP, Satlinmas Dan Damkar Kab Semarang di Sambut Meriah

Sabtu, 18 Maret 2023, Sabtu, Maret 18, 2023

Semarang, Portal Indonesia News
- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), HUT Satlinmas ke 61 dan HUT Damkar ke 104 Tingkat Kab. Semarang tahun 2023, dipenringati dengan mengadakan upacara bertempat di RTH Tengaran Kec. Tengaran Kab. Semarang, pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023 pukul 08.30 s.d 09.05 WIB 


Di hadiri  Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, SH.MH., Dandim 0714/Slg, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, SE.MSi., Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra, SIK.MH., Wakil Bupati Semarang, H. Basari, ST. MSi.,Wakil ketua DPRD, Jauhari Mahmud, SHi., Sekda Kab. Semarang, Drs. Djarot Supriyoto, MM., Para ketua Komisi DPRD Kab. Semarang, Kasatpol PP dan Damkar Kab. Semarang, Anang Sukoco, S.STP. MM, Para pimpinan OPD Kab. Semarang, Muspika Kec. Tengaran,  anggota Satpol PP, Damkar dan Linmas se-Kabupaten Semarang. 


Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, SH.MH menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri dalam uparara perayaan HUT, sebagai berikut ;

"Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan nikmat rahmat dan karunia-nya, sehingga dapat hadir di RTH Desa Klero Kecamatan Tengaran, untuk melaksanakan “APEL BESAR PERINGATAN HUT KE-73 SATPOL PP, KE-61 SATLINMAS DAN KE-104 PEMADAM KEBAKARAN TINGKAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023". 

Mengawali sambutan pada hari ini, saya sampaikan bahwa masih belum terlepas dari ingatan kita, ketika pada bulan maret 2020 terjadi kasus pertama covid-19. Pesimisme dunia internasional terhadap bagaimana strategi dan manajemen penanganan covid-19 di Indonesia menjadi sorotan media. Berbagai cobaan dan tantangan dalam kurun waktu 2 tahun telah kita lalui bersama, sampai pada akhirnya Indonesia telah terlepas dari pandemi covid-19. Dengan capaian vaksinasi sebesar 874 dan tingkat kekebalan masyarakat mencapai 99”, (data Kemenkes Januari 2013). 

Hal ini membuktikan bahwa, bangsa Indonesia mampu menjadi game changer dan diakui oleh dunia internasional, dengan istilah “pulih lebih cepat bangkit lebih kuat". Capaian kerja keras ini tidak terlepas dari integritas dan kolaborasi berbagai pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, serta pihak lain, sebagai garda terdepan penegak protokol kesehatan dan pelayanan masyarakat. 

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja dan ke-61 Satuan Pelindungan Masyarakat, kali ini mengambil tema “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi, melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat yang Profesional”. 
Sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI pada Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023, untuk menghadapi isu penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi. 

Hal ini sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan, dimana peran Satpol PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan 
trantibumlinmas, yaitu untuk menciptakan situasi kondisi yang memungkinkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat, untuk dapat melakukan kegiatannya dengan aman, tenteram, tertib dan teratur, yang diharapkan meningkatkan daya tarik dan kemudahan berusaha, bagi investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah. 


Dapat saya sampaikan, bahwa dari data Kemenko Perekonomian, tingkat inflasi di Indonesia pada tahun 2022 sebesar 5,5 %0lebih rendah dari perkiraan awal yaitu sebesar 6 %. Tingkat inflasi ini masih lebih baik dari negara barat dan negara Uni Eropa. 
Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2022 cukup impresif mencapai 5,7 % Tahun 2023 perekonomian Indonesia optimis cukup baik, namun tetap waspada terhadap ketidakpastian global. Hal ini dikarenakan proyeksi ekonomi global melambat tajam, dari 2,9 % di 2022 menjadi 1,7 di 2023 (data World Bank, Januari 2023). 

Kondisi ini merupakan suatu hal yang kita syukuri bersama. Mari kita jaga momentum ini, karena dunia global saat ini, sedang berada dalam fase tidak baik-baik saja. Seluruh negara sedang menghadapi ancaman krisis ekonomi, yang tentunya berdampak pada stabilitas kedaulatan suatu negara. 

Saya berharap, kepala daerah baik Gubernur dan Bupati / Walikota, untuk situasi kondisi yang memungkinkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat, untuk dapat melakukan kegiatannya dengan aman, tenteram, tertib dan teratur, yang diharapkan meningkatkan daya tarik dan kemudahan berusaha, bagi Investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah. 

Dalam rangka menghadapi agenda Pemilu tahun 2024, agar tercipta kondisi yang aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI. Suksesnya pelaksanaan pemilu ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kesiapan penyelenggaraan Pemilu, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah, serta kesiapsiagaan dari aparat keamanan, dalam mengantisipasi berbagai macam potensi kerawanan Pemilu. Adapun kerawanan yang perlu diwaspadai bersama, dalam menghadapi Pilkada antara lain terkait money politic, keamanan, netralitas ASN, isu sara, dan hoax. Diperlukan antisipasi dari semua pihak dalam menghadapi kerawanan tersebut. melibatkan Satpol PP dan Satlinmas, dalam implementasi kebijakan kemudahan investasi di daerah. 

Perkuat profesionalitas dan integritas, dengan mempertahankan sikap humanis, agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan para pelaku usaha untuk beraktifitas. Karena keputusan pelaku usaha untuk berinvestasi, tidak hanya didasarkan pada nilai keekonomian, akan tetapi atas dasar kenyamanan dan juga kemudahan berusaha. 

Selamat Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-73 dan Selamat Ulang Tahun Satuan Pelindungan Masyarakat ke-61. 

Saya haturkan rasa bangga dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat, atas pengabdiannya dalam mengemban tugas dan memberikan perlindungan, serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram, dan aman kepada masyarakat. "


Bakti Sosial donor darah dan bantuan bedah rumah serta piagam penghargaan diberikan juga  untuk anggota Linmas yang memiliki dedikasi tinggi.


Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, SH.MH menyempatkan diri untuk ikut mendonorkan darahnya, diikuti  Muspika dan OPD Kab. Semarang.


Acara ini  diramaikan dengan Festival kreasi dari Linmas setiap Kecamatan, panggung hiburan dan doorprize.


(Redaksi)









TerPopuler